Banyak yang mengeluh akhir-akhir ini dari pengguna Facebook (FB). Terutama nama akunnya dicatut di beberapa postingan. Tak masalah nampaknya jika postingan tersebut (yang turut Tag/Tandai akun FB kita) memberikan dampak positif, tetapi rasanya kita akan merasa “jijik” jika nama kita ditandai pada postingan yang kurang baik (misal diarahkan ke situs p*rn*), nampaknya akan menjadi aib tersendiri untuk sang pemilik akun karena mungkin dianggap dialah follower/pengikut yang mendukung postingan tersebut. Sampai-sampai kita harus sibuk membuat semacam BEWARA bahwa kita tidak melakukan itu, cape deeh..

Kira-kira bagaimana cara membatasi privacy kita terutama profil kita dalam bermedia sosial salah satunya FB ini? Facebook sendiri sebenarnya sudah menyediakan setting/pengaturan yang bisa diubah sesuai keinginan kita.

Tagging (Profil dan Penandaan) di Facebook

Berbicara tag/tandai, secara default setting atau sering disebut pengaturan awalnya biasanya pada posisi “Everyone/Semua orang” atau “Friends of friends/Teman dari teman” sebagai berikut:

Gambar 1
Pengaturan Postingan di Profil (English)
Gambar 2
Pengaturan Postingan di Profil (Bahasa Indonesia)

Bagaimana Cara Mengubah Setting dalam Tagging/Penandaan di Facebook

Dalam aplikasi FB di smartphone:

  • masuk ke pengaturan/setting melalui tanda strip 3 di pojok kanan atas aplikasi
  • cari Setting & Privacy (Pengaturan & Privasi) pilih Setting (Pengaturan)
  • pada bagian Privacy (Pemirsa dan Visibilitas) pilih Profile and Tagging (Profil dan Penandaan)
  • kemudian pada bagian Tagging (Penandaan) pilih ‘Who can see posts you’re tagged in on your profile’ (Siapa yang bisa melihat postingan yang menandai Anda di profil Anda)
  • pilih sesuai keinginan Anda misalnya ‘Friends’ (Teman) atau ‘Friends except…’ (Teman kecuali…)
  • atau bisa juga klik ‘See More’ (Lihat Selengkapnya) untuk memilih opsi lain seperti ‘Spesific friends’ (Teman spesifik) atau ‘Only you’ (Hanya Anda)

Pilihan di atas tentunya kita sendiri yang memilih. Penerapan privasi lebih longgar artinya kita lebih fleksibel menerima Tagging/Penandaan dari siapapun maupun teman FB kita. Atau bisa juga penerapan privasi ketat seperti hanya menerima Tagging/Penandaan dari teman tertentu bahkan hanya diri kita sendiri.

Jangan Segan untuk Report (Laporkan)

Apabila postingan yang sudah terlanjur tag/menandai profil kita dirasa kurang nyaman maka disarankan jangan segan untuk melakukan Laporan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Di samping kanan profil teman kita atau yang tidak kita kenal yang melakukan postingan ada titik 3
Gambar 3
  • Kemudian akan muncul popup setelah klik titik 3 (Gambar 3) lalu pilih ‘Find support or report post’ seperti di Gambar 4 di bawah. Atau ‘Cari dukungan atau laporkan postingan’ seperti Gambar 5 di bawah.
Gambar 4
Gambar 5

Selamat mencoba semoga bermanfaat informasi ini ☺️. Jangan lupa jika ingin share, cantumkan selalu sumber link dari website ini. Terima kasih 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s