SKP

Satuan Kredit Profesi (SKP) adalah nilai yang diperoleh apabila peserta melaksanakan pengembangan pendidikan keprofesian berkelanjutan (P2KB) yang diselenggarakan profesi atau lembaga lain yang bekerjasama dengan PORMIKI dalam bentuk pengetahuan atau dan keterampilan.

Iklan

P2KB / CPD

Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) atau Continuing Professional Development (CPD) bagi PMIK adalah proses pengembangan keprofesian yang meliputi berbagai kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kapasitasnya sebagai PMIK, guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang Perekam Medis dan Informasi Kesehatan sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.

Iklan

Siapa PMIK ?

Berikut beberapa uraian mengenai siapa PMIK (Perekam Medis dan Informasi Kesehatan):

  • Perekam Medis adalah seorang yang telah lulus pendidikan Rekam Medis dan InformasiKesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang undangan (Permenkes No. 55 tahun 2013)
  • Administrator Informasi Kesehatan (Perekam Medis) merupakan Profesi yang memfokuskan kegiatannya pada data pelayanan kesehatan denganmenjabarkan sifat alami data, struktur dan menterjemahkannya ke berbagai bentuk informasi demikemajuan kesehatan dan pelayanan kesehatan perorangan, pasien dan masyarakat. (Kepmenkes No. 377 th 2007)
  • Perekam Medis adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan rekam medis informasi kesehatan pada sarana kesehatan. (Permenpan RB No. 30 tahun 2013)
  • PMIK (istilah Internasional: Medical Records and Health Information Technicians) menyusun, memproses, dan memelihara catatan medis pasien di klinik rumah sakit dan lembaga perawatan kesehatan lainnya untuk pemenuhan kebutuhan medis, hukum, persyaratan etika dan administrasi penyampaian layanan kesehatan. (ILO – International Labour Organization)
  • Jenis Tenaga Kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga keteknisian medis: Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Teknik Kardiovaskuler, Teknisi Pelayanan Darah, Refraksionis optisien/Optometris, Teknisi Gigi, Penata Anestesi, Terapis Gigi dan Mulut, dan Audiologis. (UU No. 36 tahun 2014)
Iklan

Dari Mana Saja Saya Mendapatkan SKP?

Dari pengertian SKP sebagaimana telah disebutkan di atas menunjukkan bahwa SKP diperoleh dari ranah P2KB atau CPD yang antara lain:

  1. Pelayanan Keprofesian
  2. Pendidikan dan Pelatihan atau Kegiatan Ilmiah
  3. Pengabdian Masyarakat
  4. Pengembangan Keilmuan
  5. Publikasi Ilmiah
Iklan

Apa Saja Rincian Kegiatan Dari Ranah P2KB/CPD Yang Mendapatkan Angka Kredit?

No. Nama Kegiatan Ranah
1. Pengalaman kerja sebagai profesi selama 1 tahun A. Pelayanan Keprofesian
2. Pengalaman kerja sebagai Tenaga Pendidik atau Tenaga Kependidikan di Institusi Pendidikan selama 1 tahun A. Pelayanan Keprofesian
3. Pengalaman sebagai pengelola pelayanan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (Kepala Instalasi dan Koordinator) 1 tahun A. Pelayanan Keprofesian
4. Berpartisipasi dalam kegiatan musda/muscab B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
5. Berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
6. Berpartisipasi dalam kegiatan rakerda/rakercab B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
7. Berpartisipasi dalam kegiatan rakernas dan kongres B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
8. Berpartisipasi dalam kegiatan seminar/ workshop/ lokakarya/ diskusi panel B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
9. Narasumber/pemateri, Moderator,Panitia B. Pendidikan dan Pelatihan atau kegiatan ilmiah
10. Bakti Sosial sesuai dengan profesi PMIK C. Pengabdian Masyarakat
11. Kepanitian kegiatan pengabdian kepada masyarakat C. Pengabdian Masyarakat
12. Pengurus PORMIKI /IFHIMA C. Pengabdian Masyarakat
13. Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji C. Pengabdian Masyarakat
14. Relawan bencana alam C. Pengabdian Masyarakat
15. Mendapartkan Penghargaan D. Pengembangan Keilmuan
16. Mengajar pada Institusi Pendidikan RMIK D. Pengembangan Keilmuan
17. Menjadi asesor kompetensi PMIK D. Pengembangan Keilmuan
18. Penelitian bidang RMIK yang telah dipublikasikan pada media ber-ISSN D. Pengembangan Keilmuan
19. Publikasi Ilmiah D. Pengembangan Keilmuan
20. Bencmarking Luar Negeri E. Publikasi Ilmiah
21. Bimbingan mahasiswa (Laporan tugas akhir, Skripsi dan Disertasi) E. Publikasi Ilmiah
22. Menulis Karya Tulis Ilmiah dipublikasikan E. Publikasi Ilmiah
Iklan

Kesimpulan

Ternyata memperoleh angka kredit bagi Tenaga Perekam Medis dan Informasi Kesehatan berupa SKP tidak sebatas hanya dalam kegiatan Seminar atau Pelatihan saja, banyak satuan kredit yang bisa didapat dari P2KB. Untuk lebih memahami mengenai syarat perolehan SKP, lebih baik mengikuti kegiatan PORMIKI berupa Seminar maupun Workshop yang bertemakan CPD Online PORMIKI. Karena saat ini untuk merekam jejak perolehan SKP dari P2KB/CPD sudah berbasis online terutama dipergunakan untuk PMIK yang sudah memiliki
STR (Surat Tanda Registrasi) dan akan melakukan perpanjangan STR (lihat juga: Mekanisme STR Onlinesetiap 5 tahun.

Iklan

9 komentar

    1. Dasarnya dari Pedoman P2KB PORMIKI, nantinya dapat berupa paklaring atau surat keterangan bekerja yang menunjukkan Periode sesorang berkerja di suatu Instansi, jumlahnya 2 SKP per tahun dihitung saat STR aktif.

      Suka

  1. maaf saya masih belum paham ingin bertanya apakah skp untuk pmik (pormiki) dengan skp untuk perawat (ppni) berbeda? apakah harus jika pmik harus skp pormiki semua begitu juga sebaliknya ?

    Suka

    1. Walaikumsalam. Menurut Pedoman Organisasi PORMIKI, penyelenggaraan Diklat non OP hanya terbatas pada Institusi Pendidikan dan Fasyankes dalam lingkup MoU. MoU dilakukan dengan DPD/DPC PORMIKI setempat.

      Suka

  2. “PMIK (istilah Internasional: Medical Records and Health Information Technicians) menyusun, memproses, dst.”
    Dalam STR PMIK pada poin Kompetensi/Competence masih ada kesalahan pengetikan, yaitu Diploma of Medical Record and Health Information ‘Technision’. Mungkin Kang Aris bisa menyampaikan sedikit koreksi ke pihak KTKI terkait hal itu. Salam sehat kang, terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s